Rabu, 14 November 2012

perbedaan penjualan dan pemasaran



A.   Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain (Philip Kotler, 1995). Sedangkan menurut Wiliam J. Stanton (1978) pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan konsumen.
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran sebagai suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, sehingga konsumen mendapatkan kebutuhan dan keinginan serta kepuasan

B.   Penjualan

Dalam lingkungan Perusahaan, keberhasilan suatu Perusahaan pada umumnya dinilai darr kemampuannya dalam memperoleh laba. Untuk mencapai tujuan tersebut, Perusahaan mengandalkan kegiatannya dalam bentuk penjualan. Semakin besar volume penjualan semakin besar pula laba yang akan diperoleh Perusahaan. Penjualan sendiri memiliki pengertian suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pemebeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan, 1991).

Kegiatan penjualan melibatkan Debitur atau disebut juga pembeli, juga barang atau jasa yang akan dijual dan dibayar oleh debitur dengan cara tunai ataupun kredit dalam memindahkan atau mentransfer barang dan jasa juga diperlukan orang-orang yang bekerja dibidang penjualan seperti pelaksnaan dagang, agen, wakil pelayanan dan wakil pemasaran..

C.   Perbedaan Antara Pemasaran dan Penjualan

Konsep Penjualan => sebuah perusahaan membuat produk dan kemudian mendayagunakan aneka metode penjualan untuk membujuk konsumen membeli produknya. Ini berarti bahwa perusahaan mengarahkan permintaan konsumen agar sesuai denngan supply yang diajukan.
Konsep Pemasaran => perusahaan menjajaki apa yang diinginkan oleh konsumen dan kemudian berusaha mengembangkan produk yang akan memuaskan keinginan konsumen dan sekaligus memperoleh laba. Disini perusahaan menyesuaikan supply mereka untuk memenuhi permintaan konsumen.


Penjualan
Pemasaran
1.         tekanan pada produk
2.         perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya.
3.         manajemen berorientasi ke volume penjualan.
4.         perencanaan berorientasi
1.     tekanan pada keinginan konsumen
2.     perusahaan pertama-tama  menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu.
3.     manajemen berorientasi ke laba usaha.
4.     perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar hari esok, dan pertumbuhan yang akan datang.


Namun, meskipun konsep antara pemasaran dan penjualan berbeda dapat kita tarik dari segala definisi yang sudah diparparkan sebelumnya bahwa pada intinya, penjualan maupun pemasaran memiliki tujuan mendapatkan laba/keuntungan. Penjualan kegiatan untuk mendapatkan laba dan pemasaran cara atau usaha untuk mendatangkan laba.


D. Contoh Pemasaran dan Penjualan

Contoh kegiatan pemasaran dan perusahaan dalam penjelasan sederhana adalah seperti ini, misalnya kita ingin berjualan risol. Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah memasarkan risol yang ingin kita jual. Kita perkenalkan ke teman-teman sekitar kita, kita bawa contoh risol yang nantinya akan kita jual. Suruh mereka merasakan dan setelah itu memberi saran atau pendapat bagaimana menurut mereka apakah mereka suka pada risol itu atau perlu ada penambahan agar natinya laris. Setelah minta pendapat atau saran dari sana sini lakukan promosi, ceritakan ke teman-teman tentang usahamu yang ingin berjualan risol setelah itu lakukanlah transaksi, yaitu penjualan. Namun sebelumnya tentukan dulu harga risol yang ingin kita jual, hal ini masuk dalam kegiatan pemasaran.

Konsep Penjualan menfokuskan pada kebutuhan penjual. Karena itu penjualan sibuk  dengan  kebutuhan  penjual   untuk mengubah produk/jasanya  menjadi  cash atau   uang kontan.
Konsep Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran  memuaskan kebutuhan  pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang   berhubungan   dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya

Pemasaran adalah    fungsi    bisnis    yang mengidentifikasikan kebutuhan  dan  keinginan  yang belum terpenuhi,   mendefinisikan   dan mengukur besarnya, menentukan  pasar  sasaran  mana  yang paling  baik yang  dapat   dilayani,   menentukan produk/jasa dan program – program yang sesuai untuk melayani   pasar  (Kotler,  2003).
Perubahan  pemasaran dari orientasi  produk  ke pola  pemasaran yang berorientasi pasar  dewasa  ini menjadikan   persaingan  semakin kompetitif. Oleh karenanya untuk berhasil sesuatu perusahaan didalam persaingan disyarakatkan  harus  menciptakan  nilai tambah  bagi  para  konsumen  serta memperhatikan kebutuhan dan ekspektasi mereka (Band, 1991).
Sumber : http://lintongnababan.wordpress.com/2008/07/29/perbedaan-konsep-penjualan-dengan-pemasaran/
PEMASARAN = MARKETING PENJUALAN = SALES
Kedua hal diatas adalah beda dari segi apapun. Yang terjadi salah persepsi karena kedua hal tersebut sering digabungkan menjadi satu Departemen / Ruang Lingkup. Persamaannya adalah sama-sama jenis pekerjaan. Contoh gampangnya
HITAM PUTIH-nya persoalan = Dua hal yang berbeda dijadikan satu menghasilkan persepsi satu hal.Persamaannya adalah sama-sama sebagai warna selebihnya bertolak belakang.
MARKETING = adalah strategy-strategy yang digunakan untuk menghasilkan suatu penjualan. TINDAKANNYA biasa menyangkut 4P( Product,Price,Place,PROMOTION)
SALES = Upaya upaya yang dilakukan untuk meraih pesanan pembelian TINDAKANNYA = Melakukan kontak dengan calon pembeli, Menyampaikan pesan penjualan ( Diantaranya product knowledge ) dan meraih penjualan ( Close the sales ).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar