FUNGSI - FUNGSI MANAGEMENT
MENURUT BEBERAPA PAKAR/AHLI
1.Dalton
E.M.C.
Farland (1990) dalam “Management Principles and Management” :
- Planning
- Organizing
- Controlling
2. George R.
Ferry
(1990) dalam “Principles of Management” :
- Planning
- Organizing
- Controlling
- Activating
3. H. Koontz
dan O’Donnel (1991)
dalam “The Principles of Management” :
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Controlling
- Directing
4. Luther
Gullick
:
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Directing
- Coordinating
- Reporting
- Controlling
5. Nickels
& McHugh
:
- Planning
- Organizing
- Directing
- Controling
PENGERTIAN-PENGERTIAN :
1. Planning
Berbagai batasan tentang planning dari
yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Misalnya yang sederhana
saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk
mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan
perencaan
merupakan penetapan jawaban kepada enam
pertanyaan berikut :
1. Tindakan apa yang harus dikerjakan ?
2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan
?
3. Di manakah tindakan itu harus
dikerjakan ?
4. kapankah tindakan itu harus
dikerjakan ?
5. Siapakah yang akan mengerjakan
tindakan itu ?
6. Bagaimanakah caranya melaksanakan
tindakan itu ?
Menurut Stoner Planning adalah proses
menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.
2. Organizing
Organizing atau
pengororganisasian adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam
cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.
3. Controlling
Controlling atau pengawasan, sering
juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa
mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan
bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang
telah digariskan semula.
4. Activating
Activating atau pelaksanaan adalah
suatu fungsi manajemen berupa bentuk kegiatan kerja nyata dalam suatu kegiatan
manajemen.
5. Staffing
Staffing adalah salah satu fungsi
manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian
keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi
kepada pejabat yang lebih tinggi.
6. Directing / Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi
manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran,
perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas
masingmasing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju
pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
7. Coordinating
Coordinating atau pengkoordinasian
merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar
tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan
menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat
kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
8. Reporting
Adalah salah satu fungsi manajemen
berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan
mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada
pejabat yang lebih tinggi.
9. Leading
Pekerjaan leading meliputi lima
kegiatan yaitu :
- Mengambil keputusan
- Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan
- Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memilih orang-orang yang menjadi
anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar
mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
10.Innovating
Innovating merupakan fungsi manajemen
berupa penelitian, pengembangan, dan / atau perekayasaan yang bertujuan
mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru,
atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada
ke dalam produk atau proses produksi.
11. Representing
Representing adalah fungsi manajemen
berupa adanya kesamaan dalam hal pengerjaan tugas.
12. Budgeting
Budgeting merupakan fungsi manajemen
berupa pengikhtisaran sistem anggaran keuangan. Baik itu sistem keuangan untuk
jangka pendek, menengah, dan panjang.
13. Assembling
Assembling merupakan fungsi manajemen
dimana terjadi pengurutan-pengurtan dalam hal kegiatan yang berhubungan dengan
manajemen itu sendiri.
14. Resources
Resources merupakan fungsi manajemen
berupa pemanfaat sumber daya yang ada, baik itu SDA atau SDM sehingga terjadi
ketepatgunaan.
15. Motivating
Motivating atau pemotivasian kegiatan
merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan
dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela
sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
16. Actuating
Actuating adalah suatu tindakan untuk
mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai
dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan
orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara
bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal
ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).
17. Communication
Communication merupakan
suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak
kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada
umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat
dimengerti oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini komunikasi yag terjadi
diantara hierarki kepemimpinan.
18. Decision Making
Dicision Making merupakan fungsi
manajemen yang dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses
mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara
beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu
menghasilkan satu pilihan final . Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi)
atau suatu opini terhadap pilihan.
19. Improving
Improving adalah salah satu fungsi
manajemen dalam hal peningkatan mutu kegiatan, kepemimpinan, kerjasma, dan
lain-lain.